Doña
Paz dibangun pada tahun 1963 oleh Onomichi Zosen dari Onomichi,
Hiroshima, Jepang, dan pada awalnya bernama Himeyuri Maru. Selama waktu
itu berkeliling perairan Jepang, kapal ini memiliki kapasitas penumpang
608 orang.
Pada
tahun 1975 , kapal ini dijual ke Sulpicio Lines, operator Filipina dari
armada feri penumpang. Namanya diubah oleh Sulpicio Garis sebagai Don
Sulpicio, dan kemudian, Doña Paz.
MV
Doña Paz adalah kapal ferry penumpang Filipina terdaftar yang tenggelam
setelah bertabrakan dengan kapal tanker minyak MT Vector pada 20
Desember 1987. Dengan perkiraan korban tewas 4.386 orang dan hanya 24
yang selamat, itu adalah bencana maritim paling mematikan dalam sejarah.
Kurangnya
keamanan dan komunikasi yang memadai dalam kapal ini disalahkan, dan
dilaporkan butuh 8 jam untuk otoritas maritim Filipina mendengar
kejadian ini.